Rabu, 13 November 2013

Mewujudkan Rasa Syukur

Bismillah. Assalamualaikum.

Jika Allah memakbulkan doamu, itu tandanya sayangnya Allah kepadamu;Jika Allah belum memakbulkan doamu, itu tandanya ujian Allah buatmu;Jika Allah tidak memakbulkan doamu, itu tandanya perancangan Allah lebih baik untuk masa depanmu.
 


Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih" (QS. Ibrahim, 14;7)

Hendaknya engkau selalu bersyukur akan nikmat dan karunia اَللّهُ سبحانه وتعالى yg dilimpahkan kepadamu, baik hal itu bersifat lahiriah maupun batiniah, baik yg berkaitan dengan urusan agama maupun hal keduniaan.

Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى, "Dan sedikit dari hamba²-Ku yg bersyukur" (QS. Saba, 34;13)

Perbanyaklah rasa syukurmu itu dalam stiap kesempatan, baik dengan hatimu, ucapanmu ataupun dengan hartamu !!

Ungkapan rasa syukur dengan hati adalah dengan menyadari bahwa setiap nikmat yg diperolehnya adalah dari اَللّهُ سبحانه وتعالى dan juga kegembiraannya ketika menerima sesuatu kenikmatan, karena hal itu merupakan salah satu washilah (perantara) untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Adapun ungkapan syukur melalui lisan adalah dengan memperbanyak puji-pujian kepada اَللّهُ سبحانه وتعالى, Sang Maha Pemberi kenikmatan.

Sedangkan yg melalui harta dan anggota tubuh lainnya adalah dengan mengarahkan smua kenikmatan itu untuk dijadikan saranan untuk mencari keredhaan اَللّهُ سبحانه وتعالى seperti sedekah, infaq dan membantu perjuangan islam, ibadah sosial dan lain-lain.

Di samping juga menggunakannnya sebagai saranan dalam melaksanakan segala perintah-Nya, seperti Zakat, Haji, Menuntut Ilmu (Ibadah Wajib).

Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى , "Dan Neraka Wail-lah bagi orang yg menyekutukan-Nya, yaitu orang² yg tidak menunaikan zakat dan mereka kafir akan adanya."




Catat Ulasan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...